Selasa, 21 April 2015



SENIMAN,PERAJIN (PENGRAJIN) DAN DESIGNER
Berikut beberapa pendapat mengenai seniman,designer dan pengrajin,
  1. Seniman
Seniman adalah istilah subyektif yang merujuk kepada seseorang yang kreatif, atau inovatif, atau mahir dalam bidang seni. Penggunaan yang paling kerap adalah untuk menyebut orang-orang yang menciptakan karya seni, seperti lukisan, patung, seni peran, seni tari, sastra, film dan musik. Seniman menggunakan imajinasi dan bakatnya untuk menciptakan karya dengan nilai estetik.
  1. Pengrajin
Pengrajin adalah orang yang pekerjaannya membuat barang-barang kerajinan atau orang yang mempunyai keterampilan berkaitan dengan kerajinan tertentu.(http://id.wikipedia.org/wiki/pengrajin)
  1. Designer
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.
Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetika, dan berbagai macam aspek lainnya dengan sumber data yang didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya.(http://id.wikipedia.org/wiki/Desain)

Namun yang sebenarnya membedakan antara pengrajin,designer dan seniman adalah status sosial, tergantung pada siapa yang memandang,jika seseorang menyebutkan dia seniman, maka ia bisa jadi seniman, jika seseorang menyebutnya designer maka ia designer bagitu pula dengan pengrajin.
Pada dasarnya pengrajin dan seniman itu sama, namun beberapa teori barat membedakan ke 3 hal tersebut. Pengrajin adalah orang yang rajin atau membuat sebuah karya menurut waktu luang, dan designer adalah perancang atau pendesign, biasanya pengrajin di sebut artisan atau pelaku karya seni (yg membantu seniman mengerjakan karya) namun seniman adalah artis yang memikirkan konsep karya. Dan designer hampir mirip dengan pengrajin,namun dia yang mendesign apa yag ingin dibuat,memiliki pemikiran yang sama dengn seniman.(psikologiseni tugas 6)
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar