Minggu, 14 Juni 2015

Aliran Seni Rupa, Musik, Tari, Teater, Sastra



Aliran Seni Rupa, Musik, Tari, Teater, Sastra

.1). Naturalisme
Description: Lukisan Naturalisme
Lukisan Naturalisme
Pengertian:
Dalam aliran ini, lukisan dijadikan sama persis dengan mata kita memandang pada suatu objek. Mulai dari warna, proporsi, prespektif dll.
2). Realisme
Description: Lukisan Realisme
Lukisan Realisme

Pengertian:
Dalam aliran ini lukisan menggambarkan kenyataan yang benar-benar ada atau nyata. Ciri-ciri Objek Lukisannya ditekankan bukanlah obyek tetapi suasana dari kenyataan tersebut.

3). Romantisme
Description: Lukisan Romantisme
Lukisan Romantisme
Pengertian:
Dalam aliran ini lukisan yang berusaha menampilkan hal-hal yang fantastic, irrasional, indah dan absurd. Aliran ini melukiskan cerita-cerita romantis yang dilebih lebihkan.
4). Impresionisme
Description: Lukisan Impresionisme
Lukisan Impresionisme
Pengertian:
Aliran ini mengutamakan kesan selintas dari suatu obyek yang dilukiskan. Tahun1874.

5). Ekspresionisme
Description: Lukisan Ekspresionisme
Lukisan Ekspresionisme
Pengertian:
aliran yang mengutamakan curahan batin secara bebas. Bebas dalam menggali obyek yang timbul dari dunia batin, imajinasi dan perasaan.
6). Kubisme
Description: Lukisan Kubisme
Lukisan Kubisme
Pengertian:
Aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Pameran retpektif Cezanne yakni pada tahun 1907.



7). Fauvisme
Description: Lukisan Fauvisme
Lukisan Fauvisme
Pengertian:
Nama yang dijuluki kepada sekelompok pelukis muda yang muncul pada abad ke 20. Karena keliaran dari warna-warna itulah oleh kritikus Perancis Louis Vauxelles dilontarkan dengan nama Fauvisme.Pada abad ke 20.
8). Dadaisme
Description: Lukisan Dadaisme
Lukisan Dadaisme
Pengertian:
Aliran yang dikatakan anti seni, anti perasaan dan cenderung merefleksi kekasaran dan kekerasan. Karyanya aneh seperti misalnya mengkopy lukisan Monalisa lalu diberi kumis, tempat kencing diberi judul dan dipamerkan. Dilakukan juga metode kolase seperti misalnya kayu dan rongsokan barang-barang bekas.Tahun lahir aliran seni ini adalah pada Perang Dunia ke-I.

9). Futurisme
Description: Lukisan Futurisme
Lukisan Futurisme
Pengertian:
Aliran ini mengatakan keindahan gerak dan dipandang sebagai pendobrak aliran Kubisme yang dianggap statis dalam komposisi, garis dan pewarnaan. Tahun lahirnya lukisan ini adalah pada tahun 1909.
10). Surealisme
Description: Lukisan Surealisme
Lukisan Surealisme
Pengertian:
Surrelisme Lukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya. Melukiskan suasana yang mencekam lengang menakutkan serta hal-hal yang fantastis.Aliran seni rupa ini mulai ada pada Tahun 1024.
11). Pop Art (Popular Art)
Description: Lukisan Popular Art
Lukisan Popular Art

Pengertian:
Nama aslinya adalah Popular Images. Seni ini muncul karena kejenuhan dengan seni tanpa obyek dan mengingatkan kita akan keadaaan sekeliling yang telah lama kita lupakan. Dalam mengambil obyek tidak memilih-milih, apa yang mereka jumpai dijadikan obyek. Tahun berkembang di Amerika pada tahun 1956.
12). Post Modern (Kontemporer)
Description: Lukisan Kontemporer
Lukisan Kontemporer
Pengertian:
Seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman sekarang, atau karya yang secara tematik merefleksikan situasi waktu yang sedang dilalui.Aliran ini diperkenalkan kepada masyarakat Tahun70-an.

13). Konstruktivisme
Description: Lukisan Konstruktivisme
Lukisan Konstruktivisme
Pengertian:
Pergerakan di dalam seni dan arsitektur yang pertama kali di Moscow tahun 1915.
14). Neo-Klasik
Description: Lukisan Neo Klasik
Lukisan Neo Klasik
Pengertian:
Seni yang ada sejak pecahnya revolusi Perancis. Bersifat rasional, obyektif dan klasik serta digunakan untuk mendidik.

15). Abstraksionisme
Description: Lukisan Abstrak
Lukisan Abstrak
Pengertian:
Aliran Abstraksionime adalah aliran yg berusaha melepaskan diri dari sensasi-sensasi atau asosiasis figuratif suatu obyek. Aliran Abstraksionis di bedakan menjadi dua yaitu:
1. Abstrak kubistis
Yaitu abstrak dalam bentuk geometrik murni seperti lingkaran kubus dan segi tiga
2. Abstrak Nonfiguratif
Yaitu abstrak dalam arti seni lukis haruslah murni sebagai ungkapan perasaan, di mana garis mewakili garis ,warna mewakili warna dan sebagainya. Bentuk alami ditinggalkan sama sekali.
v  Musik
Musik adalah merupakan salah satu cabang seni yang menggunakan olahan vokal, harmoni, melodi, ritme, dan tempo sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan atau rasa emosi sang penciptanya. Kata musik berasal dari Bahasa Inggris, yaitu "Music" atau dari Bahasa Belanda, yaitu "Muziek". (http://penulis.web.id/pengertian-seni-musik-menurut-para-ahli.html)

Dibawah ini adalah macam macam musik:
·         Musik jazz
·         Musik Rhythm and Blues ( R & B )
·         Musik pop
·         Musik rock
v  Musik country dan sebagainyaTari
Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Menurut jenisnya, tari digolongkan menjadi tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru. (http://id.wikipedia.org/wiki/Tari)
v  Teater
Teater adalah istilah lain dari drama, tetapi dalam pengertian yang lebih luas, teater adalah proses pemilihan teks atau naskah, penafiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau audience (bisa pembaca, pendengar, penonton, pengamat, kritikus atau peneliti).
v  Sastra adalah kata serapan dari bahasa Sanskerta śāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran".
Biasanya kesusastraan dibagi menurut daerah geografis atau bahasa.
Jadi, yang termasuk dalam kategori Sastra adalah:
(http://id.wikipedia.org/wiki/Sastra) (Tugas Delapan, Tanggal 29-04-2015 Psikologi Seni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar