1. Menerima, menanggapi,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya
diri, dan motivasi internal,
toleransi, pola hidup sehat,
ramah lingkungan dalam berinteraksisecara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penomena dan kejadian yang
tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak
(menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
1.1
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya
seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui
aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap percaya diri
, motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
1.1. Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
1.1. Menggambar flora, fauna dan
benda alam
|
A5
A5
A5
A5
C2
|
·
Melihat gambar flora, fauna dan benda alam
·
Membaca buku tentang konsep dan prosedurmenggambar flora, fauna dan benda alam
·
Menanyakan cara
menggambar flora, fauna dan benda alam
·
Menanyakan
makna gambar flora, fauna dan benda alam di masyarakat
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, benda alam dengan budaya
setempat
·
Mencari konsep
dan prosedur menggambar flora,
fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·
Menunjukkan makna yang terkandung pada gambar flora, fauna dan benda alam dalam
kehidupan sosial budaya di masyarakat
·
Membandingkan
konsep dan prosedur
menggambar flora, fauna dan benda alam yang berkembang dalam kehidupan sosial
budaya di masyarakat
·
Membuat gambar flora, fauna dan benda alam
·
Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi
yang diperoleh
· Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
C1
C2
C5
C5
P1
A5
P4
P2
C5
|
Menggambar flora, fauna dan
benda alam
|
|
|
|
1.2. Memahami konsep dan prosedur menggambar
gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
1.2. Menggambar gubahan flora
dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
|
C2
|
· Melihat gambar ragam hias
flora dan fauna serta geometrik
· Membaca buku tentang konsep
dan prosedurmenggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan cara menggambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Menanyakan makna
gambar ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
·
Mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
dengan budaya setempat
·
Membandingkan
konsep dan prosedur
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam
kehidupan sosial budaya di masyarakat
·
Mengambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menyampaikan
hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
· Mempresentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya
yang
dikerjakan
|
C1
C5
C5
P1
P4
|
Ragam hias flora dan fauna
serta geometrik
|
|
|
|
3.3
Memahami konsep dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan tekstil
1.3. Menerapkan ragam hias
pada bahan tekstil
|
C2
|
· Melihat tekstil dengan
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Membaca buku tentang konsep
dan prosedur menerapkan
ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada tekstil
· Menanyakan konsep ragam hias flora dan fauna
serta geometrik pada tekstil
· Menanyakan prosedur menerapkan
ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada tekstil
·
Mendiskusikan konsep dan prosedur menerapkan ragam hias flora dan fauna serta geometrik
pada tekstil
·
Bereksperimen dengan beragam media
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
dengan budaya setempat
·
Membandingkan
konsep dan prosedur
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam
kehidupan sosial budaya di masyarakat
·
Membuat kriya tekstil dengan motif ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
· Menyampaikan
hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
C1
C5
C5
P1
P4
P2
C5
|
Ragam hias pada bahan tekstil
|
|
|
|
3.4 Memahami
konsep dan prosedur penerapan ragam hias pada
bahan kayu
1.4. Menerapkan ragam hias
pada bahan kayu
|
C2
|
·
Melihat bahan kayu dengan gambar ragam hias flora danfauna serta geometrik
·
Membaca buku tentang konsep dan prosedur
menerapkan ragam hias flora dan
fauna serta geometrik pada kayu
·
Menanyakan konsep
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
pada bahan kayu
·
Menanyakan prosedur menerapkan
ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada bahan kayu
·
Mendiskusikan konsep dan prosedurmenggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
dengan budaya setempat
·
Membandingkan
konsep dan prosedurgambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan
sosial budaya di masyarakat
·
Membuat kriya kayu
dengan motif ragam hiasflora
danfauna serta geometrik
· Menyampaikan
hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
Mempresentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya yang dikerjakan
|
C1
C5
C5
P1
P4
P2
|
Ragam hias pada bahan kayu
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar