Rabu, 04 Januari 2017

Telaah Kurikulum ( UAS )

PEMETAAN KI-KD

Nama Sekolah           : SMP Negeri 2 Singaraja

Mata Pelajaran          : Seni Rupa

Kelas/Semester          : VII / 1 dan 2

Tahun Pelajaran       : 2016/2017

Kompetensi Inti

Kompetensi Dasar

Tingkat Ranah

Indikator Pencapaian Kompetensi

Tingkatan Ranah IPK

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

1. Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksisecara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  penomena dan kejadian yang tampak mata.

4. Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

1.1  Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan

2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 

2.2  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya

 

2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

1.1.   Memahami  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam

1.1.   Menggambar flora, fauna dan benda alam

 

A5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

 

 

 

·     Melihat gambar flora, fauna dan benda alam

·     Membaca buku tentang konsep dan prosedurmenggambar flora, fauna dan benda alam

·     Menanyakan cara  menggambar flora, fauna dan benda alam

·     Menanyakan  makna  gambar  flora, fauna dan benda alam di masyarakat

·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, benda alam dengan budaya setempat

·   Mencari  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat

·   Menunjukkan makna yang terkandung pada  gambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat

·   Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat

·     Membuat gambar flora, fauna dan benda alam

·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh

·     Mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

 

C1

 

 

 

C2

 

 

 

 

C5

 

 

 

C5

 

 

 

 

P1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A5

 

 

 

 

 

 

 

 

P4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

P2

 

 

 

C5

Menggambar flora, fauna dan benda alam

 

 

 

 

 

1.2.    Memahami   konsep dan prosedur   menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias

1.2.    Menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias

 

 

 

C2

·  Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik

·  Membaca buku tentang konsep dan prosedurmenggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik

·  Menanyakan cara  menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik

·  Menanyakan   makna  gambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik

·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik

·      Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik

·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat

·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat

·     Mengambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik

·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh

·     Mempresentasikan  secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya

yang dikerjakan

 

 

 

 

 

 

C1

 

 

 

 

 

C5

 

 

 

C5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

P1

 

 

 

 

 

 

P4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ragam hias flora dan fauna serta geometrik

 

 

 

 

3.3   Memahami    konsep dan prosedur  penerapan ragam hias pada  bahan tekstil

1.3.    Menerapkan ragam hias pada  bahan tekstil

 

 

 

C2

·  Melihat tekstil dengan gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik

·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menerapkan  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada tekstil

·  Menanyakan konsep ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada tekstil

·  Menanyakan prosedur  menerapkan  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada tekstil

·      Mendiskusikan konsep dan prosedur menerapkan  ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada tekstil

·      Bereksperimen dengan beragam media

 

·     Menghubungkan antara konsep dan prosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat

·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat

·   Membuat kriya tekstil dengan motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik

 

·  Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh

Mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

 

 

 

 

 

 

 

 

C1

 

 

 

 

 

 

C5

 

 

 

 

 

C5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

P1

 

 

 

 

 

 

 

 

P4

 

 

 

 

 

 

P2

 

 

 

 

 

 

C5

 

 

 

 

 

 

Ragam hias pada  bahan tekstil

 

 

 

3.4   Memahami   konsep  dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan kayu

1.4.  Menerapkan ragam hias pada  bahan kayu

 

 

C2

·      Melihat bahan kayu dengan gambar ragam hias flora   danfauna serta geometrik

·      Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menerapkan  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada kayu

·      Menanyakan konsep ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada bahan kayu

·      Menanyakan prosedur  menerapkan  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada bahan kayu

·      Mendiskusikan konsep dan prosedurmenggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik

·      Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik

·      Menghubungkan antara konsep dan prosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat

·      Membandingkan   konsep dan prosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat

·     Membuat kriya kayu  dengan motif ragam hiasflora  danfauna serta geometrik

·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh

Mempresentasikan  secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan

 

 

 

 

 

 

 

C1

 

 

 

 

 

 

 

 

C5

 

 

 

 

 

C5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

P1

 

 

 

 

 

 

 

P4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

P2

 

 

 

Ragam hias pada  bahan kayu

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar