Kamis, 29 Desember 2016

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK KECERDASAN



PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK KECERDASAN 


Kecerdasan adalah properti dari pikiran yang mencakup banyak kemampuan mental yang terkait, seperti kapasitas untuk berpikir, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan dan bahasa, dan belajar ...."
Ada banyak macam kategori kecerdasan, di sini saya mengelompokkannya menjadi 10 macam. Jadi kita harus benar menilai kecerdasan seseorang. Kecerdasan bukan hanya mampu memecahkan masalah matematika yang kompleks. Setidaknya ada 10 kategori kecerdasan dan disajikan di bawah ini.
1.    Kecerdasan Verbal Linguistik/Bahasa
Jenis kecerdasan ini berhubungan dengan membaca , menulis dan bahasa.  Termasuk menulis puisi, sajak dan bercerita. Kecerdasan ini juga disebut kecerdasan kata-kata. Kecerdasan ini mengacu pada penggunaan bahasa lisan atau tertulis dan  kemampuan bahasa secara efektif. Seseorang dengan kecerdasan ini cenderung tertarik dengan bermain kata-kata, membaca, diskusi dan menulis. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini mampu mengekspresikan hal yang berkaitan dengan bahasa seperti kosa kata, secara singkat dan jelas. Kecerdasan ini juga membantu kesuksesan kariernya di bidang pemasaran/marketing  dan politik. Termasuk dalam kategori kecerdasan ini: orator, aktor, pelawak, selebriti, penulis dan penyiar.

Coba Anda periksa kepribadian di bawah ini, mana yang merupakan kepribadian anda:
·         Suka menulis kreatif di rumah.
·         Senang menulis kisah khayal, lelucon dan cerpen.
·         Menikmati membaca buku di waktu senggang.
·         Menyukai pantun, puisi dan permainan kata.
·         Suka mengisi teka-teki silang atau bermain scrable.
Yang manakah kemampuan linguistik anda?

Jika di sekolah, kampus Anda  banyak bicara dan kurang memperhatikan pelajaran, atau menikmati menulis puisi di rumah tapi tidak mengerjakan PR, dan senang bercerita, maka Anda mepunyai kecerdasan linguistik. Kembangkanlah potensimu terus. Suatu saat Anda akan menjadi seseorang yang hebat.
2.    Kecerdasan Logis/Matematik
Kecerdasan yang satu ini adalah ketrampilan mengolah angka dan kemahiran menggunakan logika dan akal sehat. Kecerdasan ini ditemukan pada orang-orang yang suka bermain dengan angka-angka. Mereka sangat suka sekali dengan data-data statistik. Mereka juga mudah memecahkan persoalan matematika dan mereka juga biasanya pemikir yang rasional dan tenang. Orang-orang kategori ini mempunyai kemampuan untuk memahami argumen dan mendebat lawan bicara menggunakan kecerdasan matematis. Orang dengan bentuk kecerdasan ini mempunyai kemampuan argumen yang baik, pandai memecahkan masalah matematika dan berdebat secara logis.
Ini adalah kecerdasan yang digunakan ilmuwan untuk membuat hipotesa dan dengan tekun mengujinya dengan eksperimen. Ini juga kecerdasan yang digunakan oleh Akuntan pajak, pemrogaman komputer dan ahli matematika.
Siswa dengan kecerdasan ini mereka dapat belajar dengan baik melalui komputasi, menghitung, grafik, membandingkan dan mengklasifikasi .
Coba periksa ketrampilan yang ada pada Anda saat ini:
·         Menghitung problem aritmatika dengan cepat di luar kepala.
·         Menikmati menggunakan bahasa komputer atau progam software logika
·         Ahli bermain catur, dan permainan strategi lainnya
·         Menjelaskan masalah secara logis
·         Suka bermain teka-teki logika
·         Mudah memahami sebab-akibat
·         Menikmati pelajaran matematika dan IPA serta mendapatkan prestasi yang bagus
Kemampuan logis yang manakah yang saya miliki?

Inilah kecerdasan yang dikaitkan dengan kecerdasan dalam bersekolah. Jika Anda memiliki kecenderungan kutu buku, mendapat nilai tinggi IPA, menikmati dan berinteraksi dengan komputer, mencoba mencari jawaban yang sulit, maka Anda berbakat besar dalam kecerdasan ini. Kembangkan terus, suatu saat Anda akan menjadi seorang ilmuwan, ahli matematika, banker, fisikawan, akuntan, insinyur, ahli pemrogaman komputer atau mungkin filosofi.
3.    Kecerdasan Ruang / Visual
Kecerdasan kategori ini mengacu pada pengertian yang tepat tentang ruang, visualisasi, dan kemampuan untuk menunjukkan perasaan. Kalau dengan mencoret-coret Anda bisa lebih mendengarkan pelajaran di kelas, atau jika Anda selalu melihat benda-benda yang ingin di foto, maka Anda tergolong seseorang yang mempunyai kecerdasan dalam kategori ini.
Otak kiri menguasai beberapa hal seperti:
1.      Bahasa
2.      Formula matematika
3.      Logika
4.      Nomor, urutan
5.      Linear
6.      Analitis
Otak kanan menguasai beberapa hal seperti:
1.      Bentuk dan pola
2.      Ruang dimensi
3.      Irama dan apresiasi music
4.      Imagi/ gambar
5.      Khayalan
Otak tengah menguasai hal seperti:
1.      Pusat relay visual
2.      Memberikan informasi sistem motorik
3.      Mengatur suhu tubuh
4.      Siklus tidur
5.      Pengaruh terhadap gairah
6.      Mengatur pendengaran
Kecerdasan majemuk bertujuan untuk mentransformasikan sekolah agar kelak sekolah dapat mengakomodasi setiap siswa dengan berbagai macam pola pikirnya yang unik.Menurut Gardner, kecerdasan seseorang meliputi  delapan unsure yaitu sebagai berikut :
1.      Kecerdasan matematika – logika Kemampuan seseorang dalam berpikir secara induktif dan deduktif, berpikir menurut aturan logika, memahami dan menganalisis pola angka – angka, serta memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir.
2.      Kecerdasan Bahasa, Kemampuan seseorang untuk menggunakan bahsa dan kata – kata, baiksecara tertulis maupun lisan, dalam berbagai bentuk yang berbeda untuk mengekspresikan gagasan – gagasannya.
3.      Kecerdasan Musikal, Kemampuan seseorang untuk peka terhadap suara – suara non verbal yang berada di sekeliingny, termasuk dalam hal ini adalah nada dan irama.
4.      Kecerdasan Visual – Spasial, Kemampuan seseorang untuk memahami secara lebih mendalam hubungan antara objek dan ruang.
5.      Kecerdasan Kinestetik, Kemampuan seseorang untuk secara aktif menggunakan bagian – bagian atau seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi dan memcahkan masalah.
6.      Kecerdasan Interpersonal, Kemampuan seseorang untuk peka terhadap perasaan orang lain.
7.      Kecerdasan Intrapersonal, Kemampuan seseorang untuk peka terhadap perasaan dirinya sendiri.
8.      Kecerdasan Naturalis, Kemampuan seseorang untuk peka terhadap lingkungan alam.


Sumber : belajarpsikologi. Com
http://www.gelombangotak.com/definisi_kecerdasan_adalah_apa_itu.htm
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar