TELAAH
KURIKULUM SILABUS
Perubahan
Silabus SD sampai SMA dari 1988 - 2013
1988
|
Tujuan
Nasional
|
Tujuan
intruksional umum
|
Tujuan
intruksional khusus
|
2006
|
Standar
kompetensi
|
Kompetensi
dasar
|
Instruksional
khusus
|
2013
|
Kompetensi
inti
|
Kompetensi
dasar
|
Indicator
pencapaian kompetensi
|
Silabus
untuk perguruan tinggi :
Capaian
pembelajaran mata kuliah
a.
Cp sikap
b. Cp pengetahuan
c.
Cp
keterampilan umum
d. Cp keterampilan khusus
Pengertian
Silabus
Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.: Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.
Prinsip
Pengembangan Silabus
- Ilmiah Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
- Relevan Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik.
- Sistematis Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
- KonsistenAdanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
- Memadai Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
- Aktual dan Kontekstual Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutahir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi.
- Fleksibel Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasikan keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
- Menyeluruh Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor) (BNSP, 2006: 14)
Unit Waktu Silabus
1. Disusun berdasarkan seluruh alokasi
waktu yang disediakan pelajaran selama penyelenggaraan pendidikan
2. Penyusunan memperhatikan alokasi
waktu yang disediakan per semester.
3. Implementasi pembelajaran per
semester menggunakan silabus sesuai dengan kurikulum.
Pengembangan
Silabus
Pengembangan
silabus dapat dilakukan secara
mandiri atau berkelompok.
1. Disusun secara mandiri, apabila guru telah mampu mengenal karakteristik siswa, kondisi sekolah dan
lingkungannya.
2. Berkelompok dengan guru mata
pelajaran yang sama untuk mengembangkan
silabus
3. Sekolah yang belum mampu
mengembangangkan silabus dapat bergabung
denagn sekolah lain melalui forum MGMP/PKG.
4. Dinas Pendidikan setempat dapat
memfasilitasi penyusunan silabus dengan
membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru yang telah berpengalaman di bidangnya masing –
masing.
Beberapa
komponen – komponen yang terdapat dalam Silabus :
a)
Standar
Kompetensi Mata Pelajaran, batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki dan
dapat dilakukan oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran suatu
mata pelajaran.
b)
Kompetensi
Dasar, kemampuan minimal pada tiap mata pelajaran yang harus dicapai siswa
c)
Hasil Belajar, kemampuan siswa dalam
memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi
dasar.
d)
Indikator Hasil Belajar, cirri atau
penanda ketercapaian kompetensi dasar
e)
Materi
Pokok, pokok – pokok materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana
pencapaian kompetensi dasar dan akan dinilai menggunakan instrument pnilaian
yang disusun berdasarkan indicator pencapaian belajar.
f)
Kegiatan Pembelajaran, bentuk atau
pola umum kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
g)
Alokasi Waktu, waktu yang diperlukan
untuk menguasai masing – masing kompetensi dasar.
h)
Adanya Penilaian, jenis, bentuk, dan
instrument yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur keberhasilan belajar
siswa
i)
Sarana dan Sumber Belajar, sarana
dan sumber belajar yang diguanakan dalam proses belajar mengajar.
Sunber
: http://silabus.org/pengertian-silabus/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar